• Aplikasi Rosma Adalah aplikasi yang dimanfaatkan untuk melakukan reservasi dan antrian pasien mulai dari pendaftaran sampai dengan antrian di Menggunakan teknologi QR-Code yang memudahkan pengguna dalam memproses antrian pasien. Informasi antrian pasien yang bisa dilihat secara realtime dari aplikasi rosma sehingga pasien tidak perlu berkerumun di ruang tunggu pasien.
  • Serta merubah pola kebiasaan masyarakat yang datang langsung (manual) dalam pendaftaran untuk pelayanan di puskesmas kecara yang lain lebih modern, aman, nyaman, praktis dan efisien

  Maksud:

  1. untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kesehatan agar terpenuhinya sarana dan prasarana alat penunjang puskesmas sehingga meningkatkan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan yang berkualitas di Kabupaten Bogor serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat
  2. Pasien yang akan merencanakan ke puskesmas dapat dilakukan melalui “Reservasi Online”. Sehingga pasien dapat merencanakan kapan berangkatnya, disamping itu status kepesertaan BPJS nya dapat diketahui, masih active atau sdh tidak active, sehingga masih ada kesempatan untuk mengurus.
  3. Perlunya aplikasi Back Office yang terintegrasi dengan aplikasi Front Office yang telah beroperasi agar setiap data yang ada dapat diolah dan menjadi sebuah laporan yang akurat sesuai dengan kebutuhan rumah sakit

  Tujuan:

  1. Untuk Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa atau pasien, agar semua proses pelayanan di Puskesmas dilayani dengan cepat dan akurat
  2. Seluruh layanan ini di integrasikan dengan kepesertaan BPJS, agar seluruh kewajiban masing2 pihak dilaksanakan dgn baik.
  3. Dalam operasionalnya dimungkinkan untuk seminim mungkin anteraksi dengan petugas maupun sesame pasien (Masa Pandemi covid).
  4. Dapat menghasilkan informasi2 yg dipergunakan untuk memonitor maupun meningkatkan kualitas layanan khususnya system antrian.
  5. Aplikasi ini sudah memanfaatkan teknnologi terkini, sehingga dapat diakses melalui web maupun android.

Untuk peningkatkan efisiensi, kenyamanan dan transparansi dalam pengelolaan puskesmas merupakan faktor kunci dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi

  1. Manual Book Rosma
  2. Naskah Cara Mengakses Aplikasi Rosma
  3. Naskah Singkat Aplikasi Rosma
  4. SOP