MENUJU LANSIA MANDIRI DAN PRODUKTIF DI KABUPATEN BOGOR

Cibinong. 31 Mei 2016 – Keberhasilan Pembangunan Kesehatan di Indonesia, berdampak terhadap terjadinya penurunan angka kelahiran, angka kesakitan dan angka kematian serta peningkatan umur harapan hidup (UHH). Meningkatnya UHH dari 68,6 (tahun 2004) menjadi 69,8 (tahun 2010), 70,8 tahun pada tahun 2015 (proyeksi penduduk Indonesia 2010-2035), Bappenas 2013 dan selanjutnya diproyeksikan terus bertambah, sehingga mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk lanjut usia secara signifikan.

Perhatian Pemerintah terhadap keberadaan Lanjut usia ini cukup besar, yang diawali pada tahun 1996 dengan ditetapkannya tanggal 29 Mei yang diperingati setiap tahun sebagai Hari Lanjut Usia. Selanjutnya pada tahun 1998 perhatian ini diperkuat dengan diterbitkannya Undang Undang No 13 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia sebagai Landasan hukum upaya peningkatan kesejahteraan para lanjut usia.

Visi Kabupaten Bogor yaitu “Menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia” . Demi terwujudkan Visi tersebut maka diperlukan beberapa upaya pendukung diantara nya adalah 25 penciri di Kabuapten Bogor salah satunya adalah Meningkatnya “Usia Harapan Hidup penduduk Kabupaten Bogor”,

Berbagai dampak dari peningkatan jumlah lanjut usia antara lain masalah kesehatan,sosial,ekonomi, dan budaya. Adanya proses menua secara alami memunculkan berbagai macam penyakit degeneratif dan multiphatologis, serta dalam penanganannya memerlukan waktu lama dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Sejalan dengan kebijakan Kementrian Kesehatan dalam Kesehatan Lanjut Usia yaitu meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lanjut Usia untuk mencapai masa tua yang bahagia, mandiri, produktif, dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat, diperlukan suatu strategi dalam pembinaan kesehatan lanjut usia agar lebih efektif serta lebih menekankan pada upaya promotif dan preventif.

Berbagai upaya telah dilakukan berupa kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif baik yang dilaksanakan di Puskesmas maupun di Posbindu (Pos Bimbingan Terpadu) Lansia, serta dikembangkannya Puskesmas dan RS Santun Lansia. Melalui pelayanan yang santun Lansia, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang proaktif, baik, ramah, dan sopan serta memberikan kemudahan dan dukungan bagi lanjut Usia.

Kabupaten Bogor pada tahun 2016 ini menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia (HLUN). Kegiatan HLUN di Kabupaten Bogor mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, mereka akan semakin sadar akan pentingnya pembangunan kesehatan.

Kegiatan peringatan HLUN tingkat Kabupaten Bogor diantaranya, Kegiatan Ilmiah dan pengabdian masyarakat seperti pemeriksaan gerak dan fungsi tubuh, deteksi dini PTM dan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan Lansia.

Kegiatan yang sudah terlaksana seperti 1. publikasi mengkampanyekan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dan memberikan informasi melalui siaran radio pada bulan Mei 2016 di radio RPC,Megaswara dan RRI. Melalui media cetak pada Majalah Inovasi, Radar Bogor, Jurnal Bogor dan Media Online. 2. kunjungan Panti Werdha pada tanggal 12 dan 13 Mei 2016 bertempat Panti Muara kasih Bilabong, Panti Taman Gracely Sukaraja, Panti Nurul Taubat Tamansari dan Panti Kasih Karunia Kemang. 3. Workshop Kesehatan Lansia tanggal 26 – 28 Mei 2016 di Hotel M-One Bogor. 4. Tingkat Kecamatan (Puskesmas).

Puncak kegiatan peringatan HLUN Tingkat Kabupaten Bogor akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2016 di Lapangan dan Gedung Tegar Beriman Kabupaten Bogor. Rangkaian kegiatan pada acara puncak adalah :

– Senam Bersama dan pemeriksaan Kesehatan melibatkan RSUD dan Swasta dengan Tema “ Bersama    Lansia Untuk Lansia, Lansia Sehat, Lansia Aktif dan Produktif ”
– Peluncuran RAN Kesehatan Lansia
– Talkshow Kesehatan Lansia
– Visite / Kunjungan tempata pelayanan Kesehatan Lansia ( RSUD Cibinong, Puskesmas dan Posbindu)
– Pemeriksaan kesehatan bagi lansia
– Pameran Kreasi Lansia dengan Tema “ Menjadi Lansia yang mandiri dan Produktif”
– Lomba dan Pemberian penghargaan bagi lansia berprestasi
– Hiburan

Mari kita wujudkan menuju “Lansia yang Mandiri dan Produktif” di Kabupaten Bogor.

Berita Lainnya :

Pemerintah Gerakkan Kampanye Imunisasi MR Dinkes – 14/07/2017. Untuk menyehatkan Anak – anak Indonesia dari penyakit Campak - Rubella , di bulan Agustus dan September 2017, Pemerintah akan...
DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOGOR LOUNCING GERAKAN M... Sentul. Selasa 15 November 2016 bertempat di Lapangan Parkir Sirkuit Sentul, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Louncing Germas (GERAKAN MASYARAKAT HIDUP...
Kunjungan Kerja Kepala Dinas Provinsi Jawa –... Cibinong - Selasa 25/07/2017, Kepala Dinas provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dalam rangka...
Tata Laksana Penerimaan Calon Peserta Program Bant... Surat edaran dari Kepala badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kementrian Kesehatan RI No. DM.02.03/I/11863/2017...

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.