Pemerintah Gerakkan Kampanye Imunisasi MR

Dinkes – 14/07/2017. Untuk menyehatkan Anak – anak Indonesia dari penyakit Campak – Rubella , di bulan Agustus dan September 2017, Pemerintah akan mengadakan kampanye imunisasi Measles-Rubella (Imunisasi MR) diseluruh Provinsi di Pulau Jawa, dan untuk di luar Pulau Jawa tahun 2018.

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Imunisasi MR dengan biaya yang ditanggung pemerintah ini diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2017. Di bulan Agustus 2017 , imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun s.d <15 tahun (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), serta Anak Usia Sekolah yang sudah berusia 15 tahun (SMU/sederajat). Di bulan September 2017, imunisasi MR diberikan untuk Bayi Usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Measles Rubella atau campak adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus campak dan rubella. Campak dan rubella merupakan penyakit yang sangat menular. Anak-anak dan orang dewasa yang belum pernah diimunisasi campak dan rubella, atau yang belum pernah mengalami penyakit campak dan rubella memiliki resiko tinggi tertular penyakit ini. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campakdan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus. (AR)

Berita Lainnya :

Tim Surveyor Kemenkes Akreditasi UPT Puskesmas Cib... CIBINONG – Selasa 19/07/2017, Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas, Tim Surveyor Akreditasi Kemenkes RI melakukan ...
Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupate... Cibinong – 15 Mei 2018, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor drg. Tri Wahyu Harini  memimpin langsung kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rak...
Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Selenggarakan Pert... CIBINONG –  SELASA 01/08/2017 Bertempat di Aula I Dinas Kesehatan Kabupaten bogor Jl. Raya Tegar Beriman, Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehat...
PENYULUHAN KELOMPOK POTENSIAL KEPADA PENDAMPING KA...   Cibinong 16 February 2017,  Jumlah penduduk di Kabupaten Bogor sekitar  5.331.149 jiwa, terdiri dari 40 Kecamatan dengan jumlah desa 434. ke...

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.