TIDUR DENGAN LAMPU MENYALA KURANG BAIK.

Selain kurangnya kualitas tidur, juga memicu kanker. Padahal, banyak orang yang tak bisa tidur dalam keadaan gelap. Ada yang beranggapan, saat gelap, nyamuk akan semakin gencar menyerang. Adapula yang merasa sulit bernafas ketika harus tidur tanpa sinar lampu. Nah, bagi Anda yang terbiasa tidur dengan lampu yang menyala.

Tidur Dengan Lampu Menyala, Mengurangi Kualitas Tidur Anda.
Tidur selayaknya menjadi waktu beristirahat untuk tubuh dan otak Anda. Sehingga, Kualitas tidur yang baik sangatlah penting. Dengan tidur yang berkualitas, Anda akan bangun dengan kondisi prima dan bugar, sehingga lebih siap beraktifitas. Namun, bagi Anda yang terbiasa tidur dengan kondisi lampu menyala, ternyata, hanya tubuh Anda saja lho yang tidur, otak Anda tidak. Kenapa demikian?

Otak tetap akan merespon getaran cahaya yang muncul dari sinar lampu. Sehingga otak akan terus bekerja, bukan beristirahat. Hal ini dapat menjadi pencetus penyakit Alzheimer.

Bahaya Lain Akibat Tidur Dengan Lampu Menyala
Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahaya dari tidur dengan lampu yang menyala. Adalah Joan Rober, ilmuan pertama yang menemukan hubungan antara cahaya dan kesehatan. Dalam penemuannya, ia mengungkapkan bahwa saat tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan sel dan daya tahan tubuh. Produksi Hormon melatonin sangat dipengaruhi oleh cahaya lingkungan.

Hormon melatonin, ibarat alarm alami yang dimiliki oleh tubuh, yang menentukan jam tidur dan bangun. Hormon ini yang memberi sinyal kepada otak dan jajarannya, tentang datangnya malam. Hormon ini diproduksi oleh otak, dan akan berkurang jumlahnya akibat pancaran cahaya. Selain itu, hormon melatonin juga berperan penting sebagai penyeimbang metabolisme sel, anti depresan, melindungi tubuh dari gangguan luar, dan mencegah rusaknya DNA oleh zat karsinogenik penyebab kanker.

Mulailah untuk membiasakan tidur tanpa cahaya. Selain itu, pola tidur yang teratur, juga sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Tidur bukan sekedar tidur. Tidur adalah proses mengistirahatkan seluruh organ vital dalam tubuh Anda setelah seharian beraktifitas. Dan, saat tidur, juga terjadi proses detoksifikasi, untuk membersihkan tubuh Anda dari racun. (Bersambung)

– dari berbagai sumber.

Berita Lainnya :

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Kurma , (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempa...
Bakso dengan Kuah Air Kelapa Muda.   Bermacam-macam bakso sudah pernah diciptakan. Ada bakso jumbo, bakso granat, bakso klenger, bakso kepala bayi, bakso beranak dan bakso-bakso...
KURMA Gula alami Kurma adalah buah yang paling banyak mengandung gula alami di antara semua jenis buah-buahan. Konsentrasi gula dalam kurma mencapai ...
Keringat diMalam Hari Bisa Jadi Tanda Kesehatan Be... Munculnya keringat di malam hari ketika Anda tidak sedang beraktivitas berat seperti olahraga atau suhu udara panas perlu diwaspadai. Bila Anda terban...

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.