Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Air merupakan komponen utama dari tubuh manusia dikarenakan 85% tubuh kita terdiri dari cairan. Jika cairan di dalam tubuh berkurang maka keseimbangan tubuh juga ikut terganggu. Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan minum air putih. Bahkan, para dokter pun menyarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.Terlebih jika Anda  melakukan banyak aktivitas yang menguras banyak tenaga, air putih ini sangat dibutuhkan tubuh agar tidak cepat letih karena banyak cairan yang hilang. Air jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup sangat dibutuhkan oleh organ tubuh manusia dan mampu menetralisir zat racun yang ada. Apablila tubuh kita Kekurangan pasokan air menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kesulitan dalam proses metabolisme. Efeknya ialah terjadi pengerasan pada usus karena pencernaan tidak lancar, yang berujung pada susah buang air besar. Itu baru sebagian kecil dari dampak kekurangan asupan air pada manusia. Dampak lebih parahnya lagi, kekurangan minum menyebabkan lelah, tenggorokan kering, haus, suhu tubuh naik, kepala terasa pusing karena pasokan oksigen berkurang, air seni menjadi berwarna pekat, halusinasi, dan berujung pada kematian.

 

  • Menjaga Kelembapan Kulit

Dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya yaitu minimal 2 liter untuk keadaan normal akan membuat kulit teraasa lebih segar dan dan lembap. Selain itu dengan asupan air putih yang cukup juga dapat mencegah dan menghilangkan kerutan pada kulit anda dan menghindarkan kulit anda dari yang namanya kekeringan.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Aktifitas keseharian menyebabkan rasa lelah dan letih. Secara perlahan cadangan air dalam tubuh akan berkurang, dan yang diperlukan saat itu ialah istirahat utnuk mengembalikan kebugaran. Itu tidaklah masalah. Namun bagaimana jadinya jika rasa lelah dan ngantuk itu muncul pada saat tengah hari ketika pekerjaan sedang menumpuk dan menuntut untuk diselesaikan? Istirahat tentunya bukan jalan yang bijak. Pada kondisi ini, yang perlu anda lakukan ialah minum air putih utnuk mengganti cairan yang hilang. Segelas air putih dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan kinerja otak, sekaligus konsentrasi bekerja.

  • Melindungi Jantung

Air putih berfungsi menjaga proses metabolisme tubuh tidak terganggu, melancarkan sirkulasi darah, sehingga tekanan darah menjadi stabil, dan mengurangi resiko terkena serangan jantung. Air putih juga berfungsi melancarkan saluran pencernaan pada usus, mengeluarkan zat-zat berbahaya, sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker.

  • Mengontrol Suhu Tubuh

Jumlah air yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat mengantur suhu badan karena air bersifat termal yang berkemampuan untuk melepaskan panas tubuh saat mengeluarkan keringat.

 

Suhu badan yang terkontrol juga menjadikan Anda merasa lebih bersemangat saat berolahraga. Minum air sehabis olahraga akan memperkecil risiko terjadinya nyeri sendi dan otot, serta mencegah kram dan keseleo.

 

  • Mencegah Batu Ginjal Dan Gagal Ginjal

Mungkin kita pernah perhatikan ketika kita minum kopi hitam, atau minum minuman berwarna merah, orange, atau biru, namun ketika buang air kecil, yang keluar bukanlah seperti yang kita minum, melainkan warna putih atau kemerahan. Hal itu terjadi karena fungsi ginjal bekerja menyaring zat-zat yang masuk dan mengeluarkannya menuju usus besar dalam keadaan stabil. Gagal ginjal terjadi karena fungsi ginjal sebagai penyaring makanan yang masuk tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ginjal berfungsi menyaring semua elemen makanan yang masuk menuju usus besar. Dalam menjalankan fungsinya, ginjal memerlukan cairan untuk mencerna zat-zat makanan tersebut. Kekurangan air putih menyebabkan ginjal tidak dapat menjalankan fungsi seperti biasanya. Karena itulah terjadi gagal ginjal.

  • Memperlancar Pencernaan

Minum air membantu pembuangan racun hasil metabolisme lebih lancar. Ini akan membantu kita terhindar dari penyakit pada pencernaan seperti sakit maag dan sembelit.

 

  • Untuk Melangsingkan Badan

Air dapat menurunkan berat badan. Mengapa? Karena air tidak berkalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium.Selain itu, air membantu tubuh menguraikan lemak yang tersimpan.

Bagi yang sedang berdiet, air dapat menjadi teman yang tidak boleh dilupakan. Dengan meminum air hangat sebelum makan, akan membantu kita merasa kenyang sehingga akan mengurangi selera makan dan mengurangi porsi makan kita. Minum air juga tidak akan membuat gemuk karena air tidak mengandung kalori, gula dan lemak.

(Dari Berbagai Sumber)

Berita Lainnya :

6 langkah Diet yang Justru Menambah Berat Badan   Jakarta - Bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan melalui diet, tentu sering menyiasati beberapa kebiasaan yang bertu juan menyuksesk...
Apa Itu Kesehatan kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pemeliharaa...
Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Kurma , (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempa...
Perut Buncit Ternyata Banyak Jenisnya Perut Buncit Ternyata Terdiri dari Banyak Jenis, Begini Cara Menanganinya        1. Buncit alkohol Bentuk perut ini gendut dan menonjol ...

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.