KEGIATAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN DETEKSI DINI FAKTOR RISIKO

Cibinong 17 February 2017, Loby Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. Dinas Kesehatan melakukan kegiatan  lintas program yaitu berupa Pemeriksaan Kesehatan termasuk gigi, dan deteksi dini Faktor Risiko PTM ( Penyakit Tidak Menular).

Kegiatan ini sudah dimulai sejak pukul 8.00 pagi sampai  pukul 11.30 siang yang diikuti dengan antusias oleh semua karyawan.  Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh karyawan mulai dari Kepala Dinas sampai OB, sejumlah hampir 130 orang. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain : Pemeriksaan Fisik, Pemeriksaan Gigi, Tekanan Darah, Berat Badan, Lingkar Perut, BMI, Body Fat, Viseral Fat, Total Body weight,  Pemeriksaan Kolesterol, Gula darah dan Asam urat.

Bagi yang membutuhkan konseling bisa kebagian konseling PTM dan Konseling gizi. Dan yang membutuhkan pengobatan juga disediakan obat-obatan sesuai standar.Pemeriksaan Kesehatan dan Deteksi Dini ini  dilakukan karena masalah  PTM merupakan masalah yang semakin  memprihatinkan, angka  kesakitan dan angka kematiannya yang semakin meningkat terutama di negara berkembang. Penyakit ini bersifat degeneratif (kronis). Proses perjalanan penyakitnya membutuhkan waktu yang lama, umumnya sering datang ke pelayanan kesehatan sudah pada tahap yang lanjut atau sudah disertai komplikasi.

Untuk itu penting bagi pekerja  dengan beban kerja yang semakin berat, istirahat yang kurang karena lembur dan tingkat  stressor,  perlu sekali  untuk melakukan deteksi dini faktor risiko  PTM ini. Apa saja faktor Risiko PTM yang dimaksud antara lain: Merokok,Kurangnya konsumsi sayur dan buah, Kurangnya aktifitas fisik, Kurangnya istirahat, Obesitas ,konsumsi alkohol, serta stress.

Semua jenis rokok mengandung zat berbahaya bagi kesehatan. Untuk aktifitas fisik dianjurkan minimal 30 menit perhari atau 150 menit perminggu. Mengkonsumsi sayur dan buah 5 Porsi/ hari.  1porsi = 100 gram/ 1mangkuk kecil.  Batasi pemakaian Gula Garam dan Lemak ( GGL) pada makanan.Ingat G4 G1 L5 yang artinya maksimal pemakaian:

Gula 4 sdm / orang / hari

Garam 1 sdt / orang/ hari

Lemak/ minyak 5 sdm /orang/hari

Diantara penyakit PTM yaitu : Hipertensi, Penyakit Jantung Koroner, Diabetes, Stroke, Kanker , PPOK dll.  Sering kali pada awalnya tidak menimbulkan keluhan, atau dirasakan sebagai keluhan yang biasa saja, sehingga bisa terjadi serangan tiba-tiba.

 

Melalui kegiatan ini ayo kita terapkan Promosi kesehatan untuk ber Perilaku CERDIK

C= Cek Kesehatan Secara Berkala

E=  Enyahkan Asap Rokok

R = Rajin aktifitas Fisik/ olahraga

D = Diet sehat kalori seimbang

I = Istirahat Cukup

K = Kendalikan Stress.

Berita Lainnya :

ORIENTASI WAHANA PROGRAM INTERENSIP DOKTER Cibinong 20 Febuari 2017, Bertempat di aula Dinas kesehatan. Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia nomer 29 Tahun 2004 tentang praktik ke...
DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOGOR LOUNCING GERAKAN M... Sentul. Selasa 15 November 2016 bertempat di Lapangan Parkir Sirkuit Sentul, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Louncing Germas (GERAKAN MASYARAKAT HIDUP...
Hari Pertama Kerja, Bupati Bogor Sidak Pertama Ke ... Bupati Bogor Nurhayanti melakukan inspeksi mendadak (sidak) organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan kerja Pemkab Bogor di hari pertama kerja s...
DINAS KESEHATAN KAB. BOGOR MENDUKUNG HARI PANGAN S... CIBINONG, 9 November 2017 – Peringatan hari pangan sedunia (HPS)  yang  ke 37 tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal  9 s/d 11 Nov...

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.