Dinas Kesehatan

Pada Hari Senin, 14 November 2016 dalam rangka  memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-52 yang jatuh pada tanggal 12 November, seluruh karyawan  Dinas Kesehatan dan seluruh kepala puskesmas se-Kabupaten Bogor   mengadakan upacara di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr. Hj. Camalia W. Sumaryana, MKM Dalam sambutannya Sekretaris Dinas  membacakan Pidato Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. Dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional  ke -52, 12 November 2016.

HKN tahun ini masih mengusung tema  “ Indonesia Cinta Sehat ”  dengan Sub Tema ‘ Masyarakat  Hidup Sehat, Indonesia Kuat”. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga. Bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya, akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai pada Indonesia kuat.

Tema HKN harus juga dimaknai secara luas seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dilakukan dengan cara antara lain melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Dalam rangka penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga tersebut, telah ditetapkan 12 Indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu : (1) Keluarga mengikuti program KB, (2)  Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan  (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap (4) Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI ) Eksklusif (5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan (6) Penderita Tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur (8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak diterlantarkan (9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok (10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) (11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih dan (12) Keluarga menggunakan jamban sehat.

Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga ini akan dilaksanakan secara bertahap dengan target pada akhir tahun 2019, seluruh puskesmas di Indonesia telah dapat melaksanakannya.

Pada akhir pidatonya, Menteri Kesehatan meminta perhatian beberapa hal :

  1. Pembangunan Kesehatan merupakan salah satu unsur penopang peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, disamping unsur pendidikan dan ekonomi. Untuk itu sebagai investasi, orientasi pembangunan kesehatan harus lebih didorong pada aspek-aspek promotif dan preventif tanpa melupakan aspek kuratif rehabilitatif.
  2. Kementerian Kesehatan mengapresiasi kepada beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota serta Provinsi  yang mengalikasikan 10% dari anggaran pembangunan untuk sektor kesehatan.
  3. Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian dari masyarakat terkecil yang membentuk kepribadian, dan proses pembelajaran hingga menuju kemandirian. Artinya dengan keluarga sehat dapat dengan mudah menciptakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
  4. Diperlukan kerjasama baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat dll sebagai bentuk tanggung jawab bersama akan masa depan bangsa, khususnya kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan bangsa lain.
  5. Mengingatkan kembali pada Gerakan Revolusi Mental di jajaran kesehatan dengan 3 nilai utama yaitu integritas, kerja keras dan gotong royong yang harus menjadi budaya kerja bangsa Indonesia. Sehingga dengan budaya kerja ini dapat memberikan warna dan arah pada Pembangunan Kesehatan.

Demikian beberapa hal yang disampaikan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-52 ini. Selanjutnya Menteri Kesehatan mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Selamat Hari Kesehatan Nasional, “ Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat”

 





Kalender Kegiatan

JUNI
01
Puncak Peringatan HLUN Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2016

Puncak kegiatan peringatan HLUN Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2016. 


Lokasi : Lapangan dan Gedung Tegar Beriman Kabupaten Bogor
APR
01
Kegiatan Ketuk Pintu pada keluarga penderita TB

Kegiatan Ketuk Pintu pada keluarga penderita TB untuk mencari…
Lokasi : 10 Kecamatan

MAR
30
Simposium TB Untuk Kelompok Potensial Masyarakat dengan Tema “Optimalisasi Peran Kelompok Potensial Masyarakat Dalam Penanggulngan Tuberkulosis”

Simposium TB Untuk Kelompok Potensial Masyarakat (PKK, KaderKesehatan, LSM,…
Lokasi : Auditorium LIPI Cibinong Bogor

MAR
29
Simposium TB Untuk Tenaga Kesehatan Medis dan Paramedis dengan Tema “Optimalisasi Puskesmas Dalam menghadapi Tantangan T dan TB MDR di Era Jaminan

Simposium TB Untuk Tenaga Kesehatan Medis dan Paramedis…
Lokasi : Auditorium LIPI Cibinong Bogor

MAR
24
Roadshow membagikan masker dan leaflet kepada para pengguna jalan

Roadshow membagikan masker dan leaflet kepada para pengguna jalan…
Lokasi : Jalan Raya Tegar Beriman

KEGIATAN PULAU 1000
HLUN 2016
2017 © Dinas Kesehatan